Home > Kesehatan > Apa Itu Stress

Apa Itu Stress

 

Ujian Nasional atau UN baru berakhir. Sebagian siswa mungkin lepas dari perasaan stres sebab sudah melewati masa UN yang menegangkan. Tapi kalau mikirin hasilnya, stress bisa muncul lagi. Bener ngak?

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan stress? Stress itu adalah respon fisiologis, psikologis, dan perilaku dari seseorang (ngak laki ngak perempuan) untuk mencari penyesuaian terhadap tekanan yang sifatnya internal (psikologis) maupun eksternal (lingkungan).

Stress itu bagian dari kehidupan, sehingga menuntut kita untuk menyesuaikan diri. Stress merupakan reaksi awal dari penyesuaian diri tersebut. Sedikit stress membuat manusia menjadi waspada dan ini dibutuhkan agar kita mampu memotivasi diri, menyesuaikan diri, dan segera mencari cara untuk mengatasi stress tersebut. Stress jenis ini dinamakan eustress, yaitu stress yang membuat seseorang jadi bertambah kuat dan mampu menyesuaikan diri. Jadi wajar kalau kita dalam kondisi stres jenis yang ini.

Beberapa penyebab stress (stressor) bisa bersumber dari masalah kehidupan sehari-hari. Misalnya, ngehadapin UN, Pengawas UN yang galak, Bayangin ngak lulus UN, ketidakharmonisan rumah tangga, kehidupan kota yang sumpek (crauded, berisik, polusi, kepadatan), beban studi, atau kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Bisa juga berasal dari kejadian-kejadian spesifik, yang menguntungkan maupun yang tidak. Apakah itu perubahan hidup (pernikahan, pindah sekolah, pindah tempat, pindah kerja, atau kematian anggota keluarga) atau kecelakaan (yang  menimbulkan perubahan fungsi tubuh/cacat).

Namun demikian bila seseorang gagal menyesuikan diri terhadap stress, artinya ia tidak mampu menyelesaikan persoalannya, tidak dapat mencapai harapan-harapannya, menderita, serta merasa tertekan, maka stressnya itu sudah termasuk jenis stres yang membahayakan, atau sudah masuk dalam kategori distress. Karena itu penting untuk mengetahui gejala-gejala stress jenis ini sehingga stress yang positif (eustress) tidak sampai berlanjut dan berkembang menjadi stress yang negatif (distress.)

Nah, kalau seseorang kena stress, terus gagal mengatasinya, maka stress orang tersebut akan berkembang menjadi stress yang negatif (distress). Distress pada beberapa orang (tergantung tipe orangnya) bisa berkembang menjadi gangguan jiwa, baik gangguan jiwanya temporal atau permanen. Nah, gangguan jiwa ini yang identik dengan gila dalam bahasa kita sehari-hari.

Nah, tidak semua orang kalau mengalami gangguan bisa terkena stress yang negatif (distress). Hal tersebut sangat tergantung pada:

  • Kepribadian seseorang ,apakah dia fleksibel atau tidak.
  • Individu yang kesehatannya jelek akan lebih mudah mengalami stres.
  • Falsafah hidup atau keyakinan agama seseorang.
  • Persepsi (tanggapan seseorang terhadap stres ada bermacam-macam, yaitu biasa,agak risau, atau sangat mengganggu).
  • Posisi sosial, apakah individu itu cukup integratif di masyarakat, artinya dapat mengembangkan peran sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Sumber-sumber penanggulangan stres dapat berasal dari diri sendiri maupun dari lingkungannya, misalnya:

  • Keluarga. Keluarga yang utuh dan serasi akan membantu kesehatan jiwa individu.
  • Sosial. Teman-teman sekerja dan teman-teman dari lingkungan lainnya diketahui mempunyai peran penting.
  • Masyarakat. Berupa bantuan dalam bentuk informasi bahwa individu tersebut diakui eksistensinya, dihargai, dan dihormati. Hal itu sangat membantu kesehatan jiwa individu.

Oke mutiara, dan teman-teman yang lain, jangan stres ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
Categories: Kesehatan
  1. April 29, 2008 at 11:04 am

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://psikologi.infogue.com/apa_itu_stress

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  2. June 19, 2008 at 10:58 am

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation :) Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Saviour.

  3. fany {bekas x.f}
    July 7, 2008 at 12:59 pm

    pak !! artikel nya bgs bed pak .. berguna juga .. wah pak .. salut saya pak .. hha

  4. January 27, 2011 at 6:45 am

    ok

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: