Home > Catatan Seorang Guru > Biologi yang menggugah

Biologi yang menggugah

Pohon – Pohon Ter…

Dipermukaan bumi ini begitu banyak makhluk hidup dan hal-hal yang sangat luar biasa. Bahkan terkadang masih menjadi misteri bagi manusia. Tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lainnya begitu mempesona. Itupun jika kita mau sedikit saja meluangkan waktu melihat atau memperhatikan mereka.

Dalam tulisan ini, penulis akan mencoba menggambarkan betapa beberapa tumbuhan juga mampu begitu mengagumkan bagi kita, bahkan memecahkan rekor sebagai pohon – pohon ter…….. Berikut urutan pohon  – pohon tersebut.

1. Pohon Tertinggi di Planet Bumi

Untuk kategori sebagai pohon tertinggi di planet bumi adalah pohon Sequoia sempervirens. Pohon sequoia atau pohon kayu merah raksasa hidup di pantai barat California, Amerika umumnya dapat tumbuh sampai ketinggian 100 meter lebih. Namun baru-baru ini ditemukan Sequoia dengan tinggi 115,6 meter dan merupakan pohon tertinggi di bumi yang telah diketahui.

Sequoia sempervirens merupakan tumbuhan dari kelompok Gymnospermae atau tumbuhan biji terbuka, dari kelas Coniferae atau tumbuhan konifer. Taksonomi S. sempervirens masuk ke dalam famili Cupressaceae. Famili Cupressaceae terdiri dari 27 – 30 genus. Salah satunya adalah Sequoia.

Ukurannya yang tinggi tidak menghalangi pohon ini untuk mendapat air. Selain dari tanah, kebutuhan air Sequoia diambil dari uap air embun yang menyelimuti pucuk-pucuk pohonnya.

Sedangkan dari kategori tumbuhan berbunga/tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) tertinggi di planet adalah Eucalyptus regnans dengan tinggi 99,6 meter, dan ditemukan di Pulau Tasman, Australia.

2. Pohon dengan Diameter Batang Terbesar

Untuk kategori pohon dengan diameter batang terbesar adalah Taxodium mucronatum. Hampir sama dengan Sequoia, Taxodium mucronatum adalah kelompok Gymnospermae dari famili Cupressaceae. Diameter Taxodium yang dinyatakan terbesar didunia adalah Taxodium mucronatum yang hidup di Mexico dengan diameter batang 10 meter.

3. Pohon dengan volume batang terbesar

Sequoia giganteum adalah jenis lain dari genus Sequoia yang amat fenomenal itu. Selain dikenal sebagai pohon tertinggi di dunia, kerabatnya yaitu Sequoia giganteum dinobatkan sebagai pohon dengan volume batang tunggal terbesar di dunia. S. giganteum yang hidup di Sierra Nevada California (tepatnya di Sequoia National Park) dengan tinggi 83,5 meter memiliki volume batang tunggal sebesar 1.489 m3. Ini merupakan volume kayu yang sangat besar.

4. Pohon Tertua di Planet Bumi

Dan akhirnya untuk kategori pohon dengan usia tertua dan masih hidup adalah Pinus longaeva. P. longaeva yang hidup di California telah diteliti dan ditaksir memiliki usia kurang lebih 4.800 tahun. Dengan tinggi 9 meter. Bagaimana pohon ini bisa bertahan hidup menjadi sebuah teka teki yang menarik

Itulah beberapa fenomena yang menarik dan mempesona dari bumi tempat kita hidup. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal lain yang dapat kita gali lagi dari makhluk hidup lain. Namun untuk saat ini 4 contoh tumbuhan diatas semoga mampu menarik minat kita untuk mau lebih memperhatikan alam. Semoga

About these ads
Categories: Catatan Seorang Guru
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: