Home > Kesehatan > Kabar-Kabar

Kabar-Kabar

Seputar Keputihan dan Mengatasinya

Keputihan atau Leukore adalah cairan / sekret vagina yang bukan darah dan keluar secara berlebihan. Normalnya sekret vagina tersebut diproduksi dalam jumlah yang sedang, berwarna bening, memiliki bau khas dan tidak disertai rasa gatal. Dalam keadaan tertentu, misalnya karena adanya rangsangan seksual, ovulasi (pelepasan telur) atau menjelang menstruasi, dan kehamilan, terjadinya peningkatan sekret vagina masih dianggap normal selama tidak ada gejala lainnya yang mengganggu.

Jika terdapat perubahan gambaran normal, misalnya sekret berwarna kehijauan, putih kental, kekuningan, ada darah atau berbau amis dan gatal, maka kita harus waspada terhadap munculnya “Si Putih”. Gejala yang timbul bisa juga disertai dengan demam, nyeri menahun pada daerah perut atau panggul, atau gangguan saat BAK.

Jadi tidak semua keputihan memerlukan pengobatan. Sedangkan keputihan yang abnormal banyak penyebabnya dan harus diobati. Keluhan dan gejala pada keputihan yang abnormal adalah sbb

1.      Sekret yang berlebihan dan berwarna seperti susu dan menimbulkan     rasa gatal, biasanya disebabkan infeksi jamur Candida albicans. (Hapir 80% keputhan disebabkan oleh jamur ini).

2.      Sekret berlebihan dan berwarna putih kehijauan atau kekuningan disertai     bau yang tidak sedap, kemungkinan disebabkan infeksi bakteri Trichomonas sp atau     infeksi menular seksual

3.      Keputihan disertai nyeri perut atau nyeri panggul dan badan terasa sakit    serta meriang, kemungkinan akibat infeksi pada organ dalam panggul,    misalnya infeksi pada saluran telur.

4.      Keputihan berupa nanah disertai  rasa sakit dan rasa  terbakar saat    berkemih , terjadi beberapa waktu setelah hubungan seksual,    kemungkinan penyebabnya adalah infeksi pada mulut rahim akibat infeksi    menular seksual.

5.      Sekret kecoklatan seperti darah setelah senggama kemungkinan akibat     erosi/ luka pada mulut rahim (porsio).

6.      Sekret yang bercampur darah, disertai bau yang khas akibat banyaknya     sel-sel yang mati, biasanya disebabkan oleh keganasan.

Kebersihan vagina perlu dijaga dengan baik, tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit vagina, misalnya menggunakan feminim hygiene products atau sabun khusus yang berparfum atau deodoran. Perlu diingat bahwa vagina memang memiliki bau khas yang sebenarnya tidak mengganggu, kecuali jika memang ada penyakit. Membersihkan daerah tersebut cukup dengan membasuhnya dengan air bersih serta mengeringkannya dengan tisu dari arah atas ke bawah. Jangan terbalik, jika cara membersihkannya terbalik, maka kuman-kuman dari daerah anus dapat masuk ke dalam vagina dan menimbulkan keputihan. Tidak disarankan melakukan pembersihan dengan menggunakan vaginal douches, kecuali untuk pengobatan. Pembersihan dengan vaginal douches malah dapat merugikan karena membunuh pertahanan alamiah vagina dan menimbulkan keputihan.

Untuk pencegahan terjadinya keputihan adalah sbb

  1. Menjaga kebersihan terutama di daerah kemaluan serta mencebok yang benar
  2. Jangan menggunakan pakaian dalam dan handuk bersama dengan orang lain
  3. Hati-hati menggunakan kloset duduk yang basah
  4. Hindari penggunaan celana yang ketat, baiknya menggunakan celana berbahan katun
  5. Hindari penggunaan bahan pakaian dalam yang dapat menimbulkan     alergi
  6. Jangan berlebihan menggunakan cairan pencuci vagina karena akan mempengaruhi keasaman vagina dan menimbulkan keadaan menjadi         lembab.

 

Sumber : Diolah dari Majalah Sejati dan Rubrik Kesehatan di Kendari Pos

 

 

Categories: Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: